Menu Masakan Satu Minggu - Sehat dan Lezat ala Ibun

Lontong Sayur Medan Komplit ala Ibun

Menjadi pemula dalam memasak merupakan tantangan tersendiri bagi diri saya. Setelah kurang lebih selama 29 tahun dalam hidup, saya belum pernah memasak secara rutin setiap hari. Sebelum menikah, karena tinggal bersama orang tua, saya hanya berada di dapur untuk membantu Ibu saya memasak, sekedar membersihkan sayur, membantu memotong, dan hal-hal mudah lainnya. Ketika selama enam tahun saya pisah untuk menempuh pendidikan di Bandung pun, saya biasa membeli makanan di luar rumah. Bahkan setelah menikah pun, saya punya Mbak Tina yang bisa memasak segala macam makanan, saya tinggal suap saja, he he

Semuanya berubah ketika bulan Juni yang lalu, Aqila genap berusia dua tahun. Masuk di usia yang sudah kategori balita, saya memutuskan Aqila harus sudah mulai makan masakan yang sama dengan orang lain dirumah, karena sebelumnya, makanan Aqila selalu dibuat terpisah (MPASI). Sebagai seorang Ibu baru, saya pun tertantang untuk menyiapkan 'makanan orang dewasa' untuk Aqila, yang juga bisa dikonsumsi oleh saya, suami dan babysitter yang ada dirumah. Ditambah lagi, di bulan Juli lalu *alhamdulillah* saya positive mengandung anak kedua kami, sehingga tentu saja membutuhkan nutrisi yang tepat bagi janin dalam kandungan saya dan tentunya harus minim bumbu penyedap/mecin.. ^_^

Akhirnya, tepat di awal bulan Agustus, saya mulai memasak masakan rumah setiap hari ala Ibu-ibu kita jaman dulu. Ternyata saya begitu menikmati kegiatan ini, saya senang memasak. Tantangannya adalah mengatur menu harian yang tentunya tidak mudah dengan terbatasnya kemampuan masak saya yang baru bisa membuat menu yang itu-itu saja dan keterbatasan waktu memasak karena sehari-harinya saya masih bekerja kantoran. Tetapi saya tidak pernah menyerah, seluruh memori ketika membantu Ibu di dapur saya panggil lagi dalam ingatan saya, seluruh set muni Ibu sekian tahun lamanya, saya panggil dalam ingatan saya. Bagaimana memotong wortel untuk capcay, untuk tumisan, untuk lodeh/sop, yang semuanya berbeda-beda, saya coba terus. Ingatan saya ketika membantu Ibu lah yang memudahkan saya dalam mengerjakannya. Selain itu saya juga rajin browsing resep dan menu disana-sini. Saya mampir dari satu website resep ke website lainnya, dari satu blog masakan ke blog lainnya. Sampai saya membeli sebuah notebook kecil untuk mencatat apa-apa yang saya masak, plus kekurangan dan kelebihannya hari itu sebagai bahan pembelajaran saya. Saya tertantang untuk terus menambah list menu masakan saya.

Disini saya ingin mencoba membuat list menu masakan harian yang pernah saya buat, kebetulan saya catat tanggal per tanggal. Kalaupun ada yang terlewat, mungkin saya kelupaan mencatat atau bisa juga hari tersebut adalah weekend dimana biasanya kami menginap di rumah orang tua saya dan disana saya tidak memasak, he he tetap kalau ada Ibu, saya memilih masakan Ibu.. boleh dong sekali-kali weekend manja sama Ibu, alesannya lagi hamil pengen masakan Ibu.. ^_^

Berikut set menu sederhana saya yang insya Allah sehat dan lezat.

Rabu, 28 Oktober
Soto ayam komplit, perkedel kentang
Ini perdana saya membuat Soto Ayam komplit ternyata susah juga ya, he he

Kamis, 29 Oktober
Tumis labu siam pakai tahu, udang goreng tepung

Jumat, 30 Oktober
Tumis sawi+wortel+ayam+tempe potong dadu, tahu goreng, ikan bawal goreng

Senin, 9 November
Sop daging has dalam komplit (buncis, wortel, kentang)+makaroni

Selasa, 10 November
Bening bayam+jagung manis, udang goreng tepung, tahu goreng tepung

Rabu, 11 November
Capcay komplit dengan kuah kaldu udang, ikan kembung goreng

Kamis, 12 November
Tumis toge+sawi+tahu, ayam goreng tepung

Minggu, 15 November
Tumis kangkung terasi, goreng ikan tongkol (kasih perasan jeruk nipis, lemon dan garam), sambel terasi

Selasa, 17 November
Sop kimlo+wortel+bihun+bakso, udang goreng tepung, lele goreng, orek tempe dan sambel terasi

Rabu, 18 November
Tumis kacang panjang, goreng ikan tongkol, goreng tahu dan sambel terasi

Kamis, 19 November
Tumis buncis+wortel, goreng tahu, gurame goreng asem manis

Jumat, 20 November
Bening bayem+jagung manis, obor-obor dada ayam+tahu

Selasa, 24 November
Tumis kacang panjang + kol + teri Medan dan lauk dari kiriman mama mertua ada sambel daging dan semur daging

Rabu, 25 November
Tumis toge+tahu+teri Medan, bening bayem+jagung manis dan udang goreng tepung

Kamis, 26 November
Tumis Brokoli, lele goreng, semur daging

Senin, 30 November
Sayur Lodeh (wortel, kacang panjang, labu siam, toge), bakwan jagung manis, sambel daging

Comments

Popular Posts