Menu Masakan Satu Minggu

Banyaknya urusan yang harus diselesaikan Bunda mulai dari anak dan suami bangun sampai anak dan suami tidur, seringkali membuat Bunda pusing mengatur menu makanan harian untuk orang-orang tercinta dirumah. Keterbatasan bahan dan waktu terkadang juga menjadi kendala bagi Bunda untuk bisa berkreasi.

Saya sendiri memiliki kebiasaan untuk menentukan menu masakan harian setelah sholat isya malam sebelumnya, atau setelah sholat subuh di pagi hari nya, Entah kenapa di waktu-waktu tersebut, lebih mudah terbayangkan menu yang akan dibuat hari itu, sebelum akhirnya bergegas ke Mamang - tukang sayur kesayangan dekat rumah.

Berikut adalah menu makanan dirumah minggu kemarin, siapa tau bisa menginspirasi Bunda yang sedang kebingungan.

SENIN:
- Sop Daging Buncis Wortel Kentang
- Tempe Goreng
- Sambal Segar
*jangan lupa tambahkan bawang goreng diatas sop saat disajikan panas-panas. Saya tidak menambah menu lainnya karena sop nya sudah dipenuhi dengan potongan daging khusus sop yang saya beli di supermarket*

SELASA:
~special request dari suami tercinta~ Pindang Ayam, resepnya sama dengan pindang ikan biasa, bedanya ikan diganti dengan ayam utuh (1 ekor). Jangan lupa tambahkan banyak tomat hijau kecil agar kuah terasa asam-asam segar.
- Bakwan Sayuran + Udang. Saya gunakan tepung bakwan instant dari MamaSuka.
- Sambal Segar

RABU:
- Capcay Komplit 'dimasak dengan kaldu udang buatan rumah, agar lebih gurih.
- Balado Udang + Kentang
- Tempe Goreng
- Sambal Segar

KAMIS:
- Rawon Komplit + Telor Asin
- Tempe Goreng
- Sambal Segar
> Hari ini khusus malamnya saya buatkan suami Fettuccine Carbonara dengan smoked beef.

JUMAT:
- Bening Bayam + Jagung Manis
- Balado Ati Ampela pakai PETE :D
- Ayam Goreng Mentega *yang ini kiriman Kakak saya tercinta*
- Sambal Segar
> Malamnya saya buatkan suami Mie Godog Jawa

SABTU:
- Tumis Kacang Panjang pakai Bakso
- Ayam Goreng Tepung
- Bakwan Jagung Manis
- Sambal Segar

MINGGU:
- Tumis Kangkung
- Oseng-oseng Daging 'saya pakai cabai hijau dan cabai merah besar untuk pengganti paprika'.
- Tempe Goreng Tepung
- Sambal Segar

SENIN:
- Sop Ayam Buncis Wortel Kentang
- Balado Ayam
- Sambal Kecap Cabai Hijau Gerus
- Sambal Segar

Beberapa catatan dari menu saya diatas ini :
1. Sambal segar adalah campuran cabai keriting, bawang merah, bawang putih, cabai rawit hijau dan tomat yang direbus terlebih dahulu kemudian diulek dengan tambahan garam, gula dan sedikit terasi oseng, ditambahkan sedikit perasan jeruk limau agar sambal terasa segar.
2. Sambal kecap cabai hijau gerus adalah cabe rawit hijau yang diulek kemudian ditambahkan kecap manis. hanya terdiri dari dua macam bahan saja.
3. setiap hari masakan sebisa mungkin saya sajikan dengan bawang goreng agar wangi dan menggugah selera.
4. tidak lupa siapkan stock berbagai macam kerupuk untuk melengkapi masakan, bisa kerupuk ikan bangka, kerupuk gendar/karak, emping, kerupuk udang, dll.

Selamat masak Bunda! ^_^

Comments

Popular Posts