Khansa


Alhamdulillah... Telah lahir putri kedua kami pada hari Kamis, tanggal 24 Maret 2016, di rumah sakit Pondok Indah Jakarta dengan berat badan 3,250 gram dan panjang 48 centimeter melalui proses kelahiran normal. Bayi mungil itu kemudian kami beri nama Khansa. Berikut kisahnya......

Setelah melalui proses kehamilan yang panjang, dan cuti melahirkan yang terpakai tiga minggu di rumah, pada tanggal 23 Maret, di usia kehamilan 39 minggu 2 hari, saya  dan  suami memutuskan untuk menanyakan kepada dokter Aswin mengenai kemungkinan untuk bayi dilahirkan melalui proses induksi. Dokter Aswin mejawab, kondisi Ibu dan bayi saat itu bagus, umur kehamilan sudah cukup, berat badan bayi juga sudah cukup 9prediksi diatas tiga kilogram), tetapi saya memang belum merasakan kontraksi sama sekali. Dokter Aswin menambahkan, segala sesuatu yang tidak natural memang ada resiko nya, tetapi bisa kita coba untuk lakukan proses induksi karena semua kondisi bagus, Ibu nya sehat, bayi sehat, tensi Ibu  bagus, detak jantung bayi bagus, alhamdulillah semua bagus saat itu.

Jadilah hari Kamis subuh pukul lima pagi setelah sholat subuh, saya dan suami bertolak menuju Rumah Sakit Pondok Indah, saya pun masuk di Delivery Suite Room, karena ingin semua proses berjalan lebih nyaman. Induksi pertama dengan dosis 1/8 dilakukan pada pukul 7 pagi setelah sebelumnya dilakukan pemantauan detak jantung bayi dengan CTG. Setelah induksi pertama masuk, saya belum merasakan tanda apa-apa hingga pukul 1 siang. Detak jantung bayi pun kembali dipantau dengan CTG. Pukul 2 siang, induksi kedua pun dilakukan dengan dosis 1/4. Masih belum juga terasa apa-apa hingga saya mulai melakukan posisi jongkok di ruangan bersalin. Sekitar pukul 4 sore saya mulai merasakan kontraksi ringan selama kurang lebih 30 - 60 detik dengan jeda antar kontraksi selama 1,5 menit. sekitar pukul 5 sore, kontraksi mulai terasa semakin kuat tetapi saya masih bisa berjalan-jalan di ruang bersalin. Masuk pukul 6 sore kontraksi sudah semakin kuat, hingga akhirnya pukul setengah 8, suster mulai mempersiapkan alat-alat medis untuk proses persalinan. Tepat pukul 20:27 setelah sekitar empat kali mengejan, lahirlah Khansa dan langsung melalui proses IMD setelah sebelumnya diperdengarkan lantunan adzan oleh Ayah nya tercinta.

Alhamdulillah ya Allah... Semoga Khansa tumbuh menjadi anak yang solehah, cerdas, patuh kepada kedua orang tuanya, senantiasa membawa manfaat dan kebahagiaan untuk orang-orang di sekitarnya serta berguna bagi agama, bangsa, negara dan DUNIA. Amiiin yra...

Dari yang berbahagia,
Surya & Cika 

Comments

Popular Posts