Wisata Kuliner BSD Tangerang


Sudah tiga minggu ini, saya berkesempatan untuk mengunjungi area BSD City, Tangerang dikala weekend, entah itu untuk urusan pekerjaan, maupun sekedar jalan – jalan dan berbelanja ke mall kekinian di area BSD City yaitu, Aeon Mall. Entah kenapa saya selalu suka kota mandiri ini, tidak saja karena suasananya yang hijau, bersih, rapiiii tetapi karena banyak fasilitas dan tujuan liburan yang tersedia disana. Kota mandiri memang komplit, selain deretan perumahaan yang eksklusif dan tertata rapi, ternyata BSD City juga memiliki banyak fasilitas yang mumpuni. Sebut saja, Eka Hospital, rumah sakit bertaraf internasional ini terletak tidak jauh dari pintu keluar tol BSD City. Selain itu, ada Sinarmas World Academy, BSD Xtreme Park, The Breeze dan masih banyak lagi. Berada di area BSD City memang mengingatkan saya ketika sedang berjalan – jalan di Negara Singapura, karena kebersihan, kerapihan, tata ruang dan desain arsitekturnya memang menyerupai negara dengan patung singanya yang khas itu.

Jalan – jalan ke BSD City, belum lengkap rasanya kalau belum menjajal kulinernya. Bagaimana tidak, ketika saya mencoba browsing – browsing sebelum berangkat, keluar puluhan bahkan ratusan destinasi kuliner wajib coba di area BSD ini.

Setelah browsing sana kemari, saya pun mencoba tiga macam kuliner yang memilihi ciri khas dan asal daerah yang berbeda – beda.

1.       Dermaga Makassar Seafood (@dermagamakassar.bsd)
Restoran khas kuliner Makassar ini terletak di area kuliner The Breeze. Dari lobby depan, posisinya agak kearah belakang, lebih mudah diakses melalui parkiran mobil yang terletak didepan Spin City Bowling.
Disana saya mencicipi beberapa menu best seller khas Dermaga yaitu Sup Bandeng Palumara, Ikan Kudu – Kudu Telur Asin, Kangkung Hot Plate, Udang Bakar Madu, dan Kerang Bambu Saus Padang.
Kalau boleh memberi tanda bintang, saya berikan lima bintang untuk semua makanan best seller yang saya pesan.
-          Sup Bandeng Palumara kuahnya superrr guriiihhh… bandengnya lembut tak ada durinya sama sekaliii… kemanginya harummm… duhh pokoknya jempol jempol dehh!
-          Buat yang belum pernah mencoba ikan kudu – kudu, harus tau kalau daging ikan ini kenyal sehingga rasanya mirip udang. Rasanya nggak seperti makan ikan. Digoreng tepung jadi garing2 empuk, dibalur dengan bumbu telur asin, duhhh! Kebayang nggak enaknya… hmmm…
-          Kangkung Hot Platenya, sausnya aduhaaii enaknyaaa.. kangkungnya masaknya passs… isinya juga banyak, ada udangnya, telur puyuhnya, cuminyaa.. kumplit dehh! Saya sampai bolak balik menuangkan kuah kangkungnya ke nasi putih saya! Hmmm!
-          Biasanya saya hobi makan udang saus padang, tetapi kali ini karena best sellernya udang bakar madu, saya akhirnya tertantang untuk mencoba. Dan benar saja, udangnya yang masih fresh, dibakar, dagingnya lembut dan manis, dibalur bumbu madu special Dermaga, asin, manis, gurihnya passsss banget. Dagingnya dicubit, ditemani nasi hangat… Wuihhh laziiissss!
-          Terakhir yang nggak ketinggalan, kerang bamboo saus padang, kerangnya kenyal lembut, kuah saus padangnya nggak terlalu pedas, masih ada sedikit manis gurihnya, ditemani dengan suapan nasi hangattt, asinnya passss banget!!
Overall puas bangetttt makan di Dermaga, perut kenyang hati bahagia dan harganya juga passss banget sesuai dengan makanannya… Happy dehh dan pastinya bakal balik balik balik lagi ke Dermaga! Huhuuy!

2.       Wee Nam Kee (@weenamkee_ind)
Minggu berikutnya, masih di seputaran BSD City tepatnya di area one stop entertainment The Breeze BSD City, kali ini saya memilih kuliner khas peranakan, asli franchise Singapore, resto Wee Nam Kee.
Awalnya sebelum masuk ke resto ini, saya ragu – ragu akan ke-HALAL-annya, he he.. maklum, dengan interior serba maroon khas budaya cina peranakan melayu, saya sempat berpikir macam – macam tentang resto ini. Beruntung saat melewatinya, saya disapa dengan ramah oleh Resto Managernya yang belakangan baru saya ketahui bernama Pak Satriyo. “Insya Allah semua halal, Ibu…” Jawabnya ramah ketika saya menanyakan statusnya, he he
Tak ragu lagi, saya pun masuk, memilih tempat meja dengan empat kursi yang posisinya persis ditengah-tengah restoran. Interiornya cantik dan instagramable, paduan warna kuning dan maroon pada desain interiornya dipadu dengan unsur kayunya benar-benar pas dan membuat hangat suasana resto.
Pilihan makanan saya jatuh kepada, Deep Fried Fritters With Salad Cream, Nasi Hainam dan Quarter Roasted Chicken, Dumpling Soup dan Tumis Kailan Bawang Putih.
Setelah semua menu keluar, saya cicipi satu persatu dimulai dari Appetizernya yaitu Deep Fried Fritters With Salad Cream, cakwe goreng isi adonan udang dan cumi yang harummm, gurihhh, dicocol ke salad cream yang manis-manis asin, passs banget untuk makanan pembuka.. Isinya ada enam, pas banget untuk kita bertiga waktu itu masing – masing mendapat dua buah..
Lalu sambil menikmati roasted chicken yang garing, ditemani nasi hainam yang gurih (yang mengingatkan saya kepada nasi uduk Mpok Ida langganan, wkwk) saya pun menikmati kuah panas dan gurih dari dumpling soup yang lembut dan empuk.. Satu suap ayam hainam, nasi hangat, gigitan dumpling dan kuah yang panas panas hangat… menyatu di mulut, dikunyah dengan lembut.. wuihh aduhaii.. setelah itu tak lupa, konsumsi sayur wajib hukumnya setiap hari.. Kailannya setengah matang, hijaunya sempurna, dikunyah kriukk kriukk kriukkk! Duhh endeeuuzzzz!!! Alhamdulillah nikmat semua pesanan bintang limaaaa!!!

3.       ROA Manadonese Food (@roabsd)
Nah! Kalau yang ini, kebetulan mampir kesana karena ada event Beauty Class yang diadakan di ROA. Restonya bersih, rapi dengan interior ala Italy mediteranian gitu.. serasa ada di Santorini, hahaha lebayyy! Berhubung sayaaa kurang bisa makan yang pedas-pedas, pilihan menunya jatuh pada Paket C, nasi hangat, ayam Tuturuga, Sayur Campur, Ikan Marlin Woku dan Perkedel Jagung.. Seperti biasa yaaa makan perkedel jagung di Restoran Manado itu hukumnya Fardu Ain alias WAJIB! :D Oya, jangan ragu juga karena ROA insya Allah HALAL. Tidak ada satupun menu yang non-HALAL.
Semua bumbu masakannya passs! Bagi yang yang kurang suka makanan yang terlalu asin, semua masakan di ROA ini passs asin, manis, gurihnya.. Ayam Tuturuganya bumbunya menyerap sempurna kebagian dalam daging ayamnya, Ikan Marlin Wokunya tidak terlalu pedasss, ikannya lembut dan yang penting, TIDAK BERBAU AMIS! :D Lalu ada sayur campur yaitu campuran bihun, wortel, kentang dan buncis. Asinnya pas, bihun, kentang dan wortelnya lembut, dipadu dengan buncis yang matangnya pas kriukk kriukk kriukk!
Kalau perkedel jagungnya, wajib dinikmati dengan sambal dabu-dabu fresh from the kitchen yang masih tercium wangi potongan tomatnya.. Sedapp mantapp!! Minumnya, juice alpukat doonk!! Hihihi Paket C sekomplit ini harganya Cuma Rp 39.000++ lho!! Murah kan!!! Hati senang, perut kenyang, kantong tetap tenang! :D

Sekian review beberapa kuliner BSD yang saya hampiri. Selamat mencoba yaa!

Comments

Popular Posts