Kuliner #Medan

Buat kamu-kamu yang belum pernah datang ke kota Medan ataupun sudah pernah mampir tetapi belum mencoba kuliner khas kota Medan, saya punya beberapa foto dari kuliner kota ini. Waktu mudik Lebaran kemarin saya sempat mendatangi beberapa tempat kuliner wajib di Kota Medan.

1. Mie Ayam Mahmud ~ Kalau di Medan, mie ayam nya ada telur rebusnya, telur ini dimasak seperti dipindang telur, bukan rebus biasa. Selain itu, diberi potongan semacam mpek-mpek goreng. Tidak lupa bakso, jamur, pangsit dan bawang goreng. Harga satu porsi untuk Mie Ayam Special Jamur ini cuma IDR 17,000 saja! Murah meriah....


2. Jajanan Kue Pasar (Ta'jil) ~ Di Medan, umumnya orang senang berbuka dengan kue-kue manis. Ada kue manis biasa, kue manis ketan atau ongol-ongol. Harganya pun murah hanya berkisar dari Rp 1000-3000 per piece nya. Ta'jil bisa didapat di pinggir jalan, di toko-toko kue atau sebagai pusatnya di dekat Masjid Agung.

 3. Mie Aceh Titi Bobrok ~ Ini adalah salah satu kuliner wajib kebanggaan kota Medan. Dinamakan Titi Bobrok karena letaknya yang bersebelahan dengan jembatan (titi) yang pernah ambruk (bobrok). Pilihannya juga berbagai macam, ada Mie Aceh Daging, Mie Aceh Kepiting, Nasi Goreng, Martabak Aceh, dll. Harga per porsi nya saya lupa, he he maaf ya..
 4. Soto Udang Kesawan ~ Nggak perlu pecinta Soto, siapa pun pasti akan menyukai soto khas Medan ini karena rasa kuah nya yang gurih. Letaknya di Jalan Kesawan. Untuk isi nya, bisa pilih, ayam, daging, jeroan atau udang. Soto ini disajikan dengan sambal khusus yang bisa ditambahkan sesuai selera. Harga per porsi kalau nggak salah Rp 15,000.









5. RM. Garuda ~ Jangan bilang juga sudah ke kota Medan kalau belum mampir ke Rumah Makan Garuda. Siapa sih yang tidak suka Nasi Padang. Di RM Garuda ini, mereka punya cita rasa yang tinggi dan sajian special untuk jenis nasi khas Padang yang satu ini. Cobain deh Ayam Goreng dan keripik kentang balado nya.









6. Mie Kocok Kampung Keling  ~ Kampung Keling selalu jadi tujuan wisata kuliner bagi semua wisatawan yang datang ke Medan. Kampung yang dihuni oleh masyarakat keturunan India ini sangat terkenal dengan menu Mie Kocok dan Teh Tariknya. Juga tersedia sate kerang dan sate telur puyuh yang pastinya menggugah selera.








7. Sate Padang H. Amirudin ~ Biasanya saya kurang begitu suka dengan makanan khas Padang satu ini. Tapi entah kenapa, saat datang kemari saya begitu tertarik ingin mencoba karena sate Amirudin memiliki dua jenis kuah. Yaitu kuah sate padang biasa (kuah kuning) dan kuah kacang (kuah cokelat). Saya pun tertarik untuk mencoba kuah campur dan tadaaaa hasilnya luarrr biasa enak. Potongan daging nya pun besar-besar. Dan yang lebih penting lagi, bagi Anda yang kurang menyukai daging/jeroan, sate Amirudin memiliki pilihan sate daging ayam. Wajib coba!




8. DURIAN!!!! ~ Siapa sih yang nggak tau Ucok Durian Medan? Rata-rata, orang yang berlibur atau dinas ke Medan pasti mengunjungi tempat makan Durian yang satu ini karena terkenal dengan stok durian nya yang selalu ada walau sedang tidak musim. Beruntung, ketika berkunjung ke Medan kemarin, durian banyak dijumpai di pinggir-pinggir jalan sehingga kita tidak perlu pergi ke Ucok Durian. Cukup merogoh kocek Rp 7000 perak saja, kita sudah bisa menikmati Durian Medan yang terkenal dengan rasa manis-pahit nya. Murah khan!?





9. Pajak Petisah ~ Beberapa hari sebelum Lebaran, saya mengunjungi Pajak (pasar) Petisah untuk berbelanja oleh-oleh kacang berbagai macam rasa. Kacang Telur, Kacang Australia, Marning Jagung, Permen kenyal warna warni. Satu kilo nya berkisar antara Rp 30,000-Rp 50,000. Selain itu, di pajak ini juga terdapat banyak sekali sate kerang khas Medan dan beberapa kuliner lainnya. Juga Teri Medan kiloan.









 


10. Pancake Durian NELAYAN ~ Kalau makanan yang satu ini paling PASSSS untuk dessert. Durian yang empuk dibalut dengan krim dan kulit tipis. Satu porsi nya berisi dua buah pancake dan dibandrol Rp 25,000. Pancak durian Nelayan bisa dijumpai di semua Resto Nelayan di Medan, yaitu di SUN Plaza, Cambridge Plaza, Merdeka Walk dan lainnya









11. Wajir Seafood ~ Tempat makan seafood kaki lima ini selalu ramai oleh pengunjung. Sampai-sampai kami perlu menunggu cukup lama sampai akhirnya bisa duduk dan memesan makanan. Variasi masakan seafood yang lezat dengan harga yang sangat miring membuat Wajir menjadi salah satu tempat makan favorit di Medan. Menu wajib coba nya adalah Kangkung Terasi (yang lain dari biasanya dengan bumbu yang superrrr lezat) dan Kepiting Soka Lada Hitam. Hmmm.. yummy!

Menu kuliner lain yang sempat saya coba tetapi tidak sempat saya foto adalah Roti Tipis dan Martabak Gappa. Letaknya persis di sebelah Merdeka Walk. Harga satu porsi martabak Gapa adalah Rp 13,000 saja. Bisa di browsing untuk bentuk dan gambar dari Roti Tipis yang unik dan si martabak gapa yang lezat ini.

Next time, yang belum kesampaian adalah makan Nasi Goreng Wak Ribut dan Soto Sinar Pagi. Ternyata 10 hari tidak cukup untuk mencoba semua kuliner khas Medan. he he Selamat mencoba!!





Comments

Popular Posts