Upacara Peringatan HUT RI ke-69 di Istana Kepresidenan Republik Indonesia



Alhamdulillah, melalui teman semasa kuliah dulu - Aliya Rajasa-, saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Indonesia yang ke-69 langsung di Istana Kepresidenan Republik Indonesia. Pengalaman ini merupakan yang pertama kali nya setelah bertahun-tahun lamanya hanya dapat menyaksikan prosesi pengibaran bendera di Istana melalui layar kaca.

Mungkin sebagian dari teman-teman menyaksikan Upacara tahun ini melalui layar kaca, tetapi, dari pengalaman saya yang berada disana, ada beberapa hal yang terasa mengesankan saat mengikuti seluruh prosesi ditempat.

1. Saat memperingati detik-detik Proklamasi. Sirine dibunyikan dengan keras diiringi dengan bunyi dentuman meriam berkali-kali. Seluruh hadirin terdiam, hening, seperti ikut merasakan apa yang terjadi sesaat sebelum Proklamasi 69 tahun yang lalu. Suasana begitu dramatis dan cukup mengharukan.

2. Saat salah satu dari perwakilan team pesawat tempur AURI "Elang Muda" yang tengah berasa di udara, menyapa seluruh hadirin yang mengikuti upacara. Tidak lama setelah mereka menyapa kita semua, dua rombongan pesawat tempur milik AURI tersebut melewati Istana dengan ketinggian yang rendah sehingga gemuruh pesawat terdengar begitu keras dan menggetarkan.

Suasana upacara tampak dari posisi duduk kami.

3. Tentunya salah satu moment yang dinanti-nanti adalah saat pengibaran bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Pasukan yang terdiri dari pasukan 17, 8 dan 45 ini berjalan dengan tegap dan gagahnya. Begitu rapih dan tegas sehingga begitu menyedot perhatian dan kekaguman dari seluruh hadirin.

Bersama teman-teman Alumni SBM ITB
Sebuah pengalaman yang begitu mengagumkan, mengharukan dan membuat saya menjadi semakin cinta kepada tanah air kita dan semakin bangga menjadi salah satu dari warga negaranya.

Jaya selalu Indonesiaku!


Comments

Popular Posts